Rabu, 21 Maret 2012

BEDAH BUKU : “Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling”

Oleh : Fauzan Anwar Sandiah


Bimbingan konseling yang mulai diperkenalkan sejak 1960-an di Indonesia, tanpa terasa telah mendapatkan aprsesiasi dan dukungan yang cukup baik di masyarakat. Meskipun pada implementasinya masih terdapat beberapa kekurangan, seperti penggunaan teori, aktifitas professional, dlsb yang semuanya ini berawal dari masih kurangnya aktifitas riset bimbingan dan konseling yang sesuai dengan “wawasan lokal”.

Dalam bidang psikologi perkembangan hal ini sebenarnya telah dilakukan oleh Monks, dan kemudian secara khusus didalam bimbingan dan konseling, oleh Winkel dalam bukunya Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan(2010). Maka dari itu diperlukan aktifitas yang mendukung penerapan bimbingan konseling di Indonesia sesuai dengan konteks sosio-kultural.

Bagaimana caranya?. Salah-satu yang ditawarkan oleh Prof. Dr. Suharsimi Arikunto adalah dengan memperhatikan aktifitas riset/penelitian dalam bimbingan konseling. Menurut Arikunto, sebenarnya upaya riset dalam bimbingan konseling sudah ada, dan cukup baik, Cuma yang masih disayangkan adalah bahwa ternyata output dari riset tersebut tidak terlalu banyak membantu. Arikunto mengatakan tema/judul yang diangkat oleh guru pembimbing/konselor terjebak pada tema/judul yang sebenarnya menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tidak bermanfaat, misalkan riset mengenai “hubungan antara tingkat IQ dan tingkat Prestasi belajar”. Tema/judul seperti demikian tidak mengikuti syarat mengapa riset/penilitian, diantaranya ialah kemanfaatan, karena tanpa diteliti pun secara rasional sudah bisa terjawab.  

Buku ini sangat cocok bagi mahasiswa S1 bidang bimbingan dan konseling. Sebagai masyarakat ilmiah kita memang dituntut untuk bisa menghasilkan proposisi objektif mengenai sesuatu, sehingga pemahaman atas metodologi sangat penting. Meskipun pada buku ini yang lebih diunggulkan adalah aspek penelitiannya, tapi bukan berarti penilaian harus disepelekan. Hal ini disebabkan oleh keterkaitan antara penilaian dan penelitian, yakni sama-sama bertujuan untuk memperbaiki kualitas dari layanan bimbingan dan konseling.

Tujuan evaluasi yang melatarbelakangi penilaian dan penelitian, bisa saling bersinergi untuk mengangkat kualitas layanan bimbingan dan konseling, mengingat komentar beberapa ahli yang mulai memberikan warning betapa pentingnya bimbingan dan konseling.   


Judul                  :  Penilaian & Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling (Cet II, 2011)
Penulis               :  Prof. Dr. Suharsimi Arikunto
Penerbit             :  Aditya Media
Harga                 :  Rp. 50.000,-

Komentar Yuk..